RSS

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PAGELARAN

23 Jan

 

PANITIA PELAKSANA KEGIATAN

PAGELARAN NUSANTARA

Dalam rangka:

HARI PAHLAWAN DAN MILANGKALA VIIII SANGGAR SENI “SIMPAY”

KPM “GALUH RAHAYU” CIAMIS-YOGYAKARTA

PERIODE 2010-2011

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas Rahmat dan ridho-Nya kita dapat melaksanakan kegiatan ini. Serta shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad S.A.W, keluarganya, para  sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya. Amin.

Pada kesempatan ini kami sebagai panitia pelaksana kegiatan PAGELARAN NUSANTARA Dalam rangka: HARI PAHLAWAN DAN MILANGKALA VIIII SANGGAR SENI “SIMPAY” KPM “GALUH RAHAYU” CIAMIS-YOGYAKARTA PERIODE 2010-2011, akan menyampaikan laporan hasil kegiatan sebagai perwujudan rasa tanggungjawab kami selaku pelaksana dari kegiatan tersebut. Hal ini dipandang sangat penting sebagai bahan evaluasi dan barometer bagi kegiatan yang akan datang.

Dengan demikian, hal ini dapat menjadi motivasi pada kepanitiaan yang akan datang supaya lebih baik lagi dan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih inovatif, efektif, efisien dan konstruktif dalam kegiatan selanjutnya.

Kami selaku panitia merasa banyak sekali kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, oleh karena itu kami mohon maaf kepada semua pihak atas segala kekurangan dan kealfaannya. Dan tak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga Allah SWT membalas amal baik kepada kita semua. Amin.

  Harapan kami semoga laporan ini dapat berguna bagi semua pihak dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita semua dan mudah-mudahan kegiatan yang akan datang dapat terlaksana dengan lancar dan lebih baik lagi.

Yogyakarta, 15 Desember 2010

Panitia Pagelaran Nusantara

Dalam rangka:

Hari Pahlawan dan Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay”

KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta

Periode 2010-2011 

 

 

 

NURDIANAKetua         AZIZ ABDILLAH Sekretaris

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

PANITIA PELAKSANA KEGIATAN

PAGELARAN NUSANTARA

Dalam rangka:

HARI PAHLAWAN DAN MILANGKALA VIIII SANGGAR SENI “SIMPAY”

KPM “GALUH RAHAYU” CIAMIS-YOGYAKARTA

PERIODE 2010-2011

 

A. PENDAHULUAN

            Negara Indonesia terdiri dari beragam seni dan budaya yang masing-masing mempunyai karakter dan ciri khas masing-masing dari berbagai suku bangsanya yang perlu kita jaga kelestariannya. Pengetahuan dan kecintaan masyarakat terhadap suatu kesenian dan kebudayaan akan timbul apabila dapat berapresiasi dengan kesenian dan kebudayaan itu sendiri, meskipun dalam perjalannya sering menemui hambatan.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai para pahlawannya. Akhir-akhir ini bangsa kita sedang mengalami krisis multidimensi termasuk krisis karakter sebagai bangsa indonesia. Penghargaan pada pahlawan pun sangat memprihatinkan. Dengan keadaan ini sanggar seni Simpay sebagai garda depan pelestari budaya bangsa tergugah untuk melakukan sesuatu. Dengan seni tradisi Sanggar Seni ”Simpay” ingin menggugah kesadaran bangsa ini.

             Demi terjaganya kelestarian kesenian dan kebudayaan bangsa yang semakin lama semakin tergusur oleh budaya global, maka kami sebagai generasi muda penerus bangsa punya tanggungjawab besar untuk mempertahankan serta mengangkat kembali seni budaya tradisional. Oleh karena itu, Sanggar Seni “Simpay” KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta akan mengadakan sebuah pagelaran seni budaya dalam acara Pagelaran Nusantara dalam rangka Hari Pahlawan, Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay” dan Malam Puncak Dies Natalis Ke-45 KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta. Dengan pagelaran seni ini diharapkan dapat menambah wawasan dan merangsang keterlibatan emosi dan kecintaan masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia.

             Besar harapan kami semoga niat baik untuk mempertahankan dan meningkatkan   kecintaan masyarakat terhadap seni budayanya sendiri, akan menjadi modal besar untuk kita semua guna mempertahankan  kesenian dan kebudayaan bangsa khususnya seni budaya sunda agar tetap eksis selamanya. Amin

B. KONDISI OBJEKTIF

            Adapun kondisi objektif dalam pelaksanaan kegiatan ini terbagi kedalam dua kondisi yaitu:

  1. Kondisi Internal

Kegiatan Pagelaran Nusantara dalam rangka Hari Pahlawan, Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay” dan Malam Puncak Dies Natalis Ke-45 KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta ini dilaksanakan oleh seluruh Pengurus dan Warga KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta yang tergabung dalam kepanitiaan Panitia Pagelaran Nusantara dalam rangka Hari Pahlawan, Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay” dan Malam Puncak Dies Natalis Ke-45 KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta pada hari sabtu pukul 19.30 WIB tanggal 6 November 2010 di Asrama “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta.

Permasalahan yang dihadapi dalam kepanitiaan ini adalah masih kurangnya koordinasi antar panitia yang dikarenakan oleh kebutuhan akademik dari panitia yang berbeda-beda, jadi semua tanggungjawab dipikul oleh segelintir orang saja dari kepanitiaan yang memang tercantum sebagai koordinator di bidangnya masing-masing. Akan tetapi dengan segala permasalahan yang melanda tubuh panitia akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar berkat bantuan semua pihak yang peduli dan komitmen terhadap kegiatan ini meskipun tidak tergabung dalam kepanitiaan. Kegiatan ini menampilkan pagelaran diantaranya Oratorium, Karinding, Angklung and Big Band, Kolaborasi Musik Tradisional dan Modern, Calung, Tari Jaipong, Pompom Boy,

  1. 2.      Kondisi Eksternal

                        Faktor biaya untuk mendukung acara ini masih jauh dari harapan. Minimnya minat sponsorship untuk menanamkan investasinya pada kegiatan ini menjadi faktor utama dari minimnya dana yang diperoleh, selain itu juga kepedulian pemerintah dalam upaya kami melestarikan budaya bangsa dalam bentuk materil masih jauh dari harapan mungkin disebabkan adanya kepentingan lain yang sama-sama perlu mendapatkan alokasi dana. Untuk memenuhi anggaran dana yang diperlukan untuk kegiatan, kami menggunakan dana dari KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta diluar anggaran yang telah ditetapkan. Dan semoga saja sikap yang kami ambil ini tidak mengakibatkan terhambatnya kegiatan lain yang telah ditetapkan dalam program kerja KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta. Akan tetapi dari berbagai persoalan yang kami hadapi dari sebelum pelaksanaan, pada saat pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan kegiatan tersebut kami rasakan tidak ada yang sia-sia. Selain menambah pengalaman kita dalam dunia pementasan, manajemen organisasi dan menambah persaudaraan kita juga memperoleh respon yang positif dari berbagai kalangan.

C. PENUTUP

 Demikian laporan Panitia Pelaksana Kegiatan Pagelaran Nusantara dalam rangka Hari Pahlawan, Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay” dan Malam Puncak Dies Natalis Ke-45 KPM ”Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta ini untuk diketahui oleh seluruh pihak yang terkait. Harapan kami semoga laporan kegiatan ini dapat bermanfaat, dan kami segenap panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini dan kami memohon maaf atas segala kekurangannya.

Yogyakarta, 15 Desember 2010

                                                                                               Panitia Pagelaran Nusantara

Dalam rangka:

Hari Pahlawan dan Milangkala VIII Sanggar Seni “Simpay”

KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta

Periode 2010-2011 

 

 

 

 

NURDIANAKetua         AZIZ ABDILLAH Sekretaris

 

   Mengetahui,

Pengurus

KPM “Galuh Rahayu” Ciamis –Yogyakarta

Periode 2010-2011

 

 

 

SAMSUL MUARIP

Ketua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN

a. Pembukaan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis

 

b. Pembagian Hadiah Perlombaan rangkaian Dies Natalis ke-45 KPM “Galuh Rahayu”

  

 

c. Musik Karinding

  

 

d. Angklung and Big Band

e. Musik Kolaborasi

f. Tari Jaipongan

g. Calung

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 23, 2011 in DEP SENIBUDAYA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: