RSS

Batik Ciamis Tergerus China

23 Des

CIAMIS – Sejumlah pedagang batik di Ciamis mengeluhkan semakin memburuknya pamasaran batik. Terutama batik khas Ciamis. Pasalnya harga batik yang ditawarkan, mahal. Pembeli lebih memilih buatan China karena harganya murah dan motifnya pun bagus.
Salah seorang pedagang batik di Jalan Jenderal Sudirman Ciamis, Khotimah (27) mengaku seminggu terakhir ini tak sehelai pun batik dagangannya terjual. “Sudah seminggu lebih enggak ada satu helay pun yang laku,” ungkapnya kepada Radar, kemarin.
Pedagang batik di Pasar Ciamis, Munaroh (37) menyatakan kendati nasibnya tak sejelek Khotimah, dia mengaku omsetnya menurun tajam. Penurunan terjadi sejak sebulan lalu.
“Rata-rata per hari sepuluh helai batik terjual, baik yang berupa kaus, selendang maupun kain. Tapi sekarang satu helai saja susahnya bukan main,” ungkapnya.
Semakin terpuruknya pasaran batik Ciamis, kata Munaroh, disebabkan harga batik Ciamis mahal, sehingga tidak menyentuh kalangan bawah. Karena itu pengunjung kebanyakan lebih memilih batik impor buatan China.
“Pengunjung yang datang ke sini kan rata-rata menengah ke bawah, Batik Ciamis dinilai terlalu mahal untuk ukuran kantong mereka,” katanya.
Untuk satu baju saja, lanjut Munaroh, pengunjung harus merogoh sedikitnya Rp 150 ribu. Padahal baju dari China harganya rata-rata hanya Rp 35 ribu. Belum lagi kain panjangnya, bahkan mencapai Rp 250 ribu per lembar, sedang batik buatan China hanya Rp 80 ribuan.
Akibat harga yang lumayan mahal itu, kata Munaroh, bukan hanya pengunjung dari luar saja yang merasa keberatan membeli Batik Ciamis. Bahkan masyarakat Ciamis sendiri tidak banyak yang berminat.
Pedagang khawatir batik buatan Ciamis tidak mampu bersaing di pasaran. Padahal saat ini produk batik impor buatan China sudah masuk ke sejumlah pasar tradisonal di Jawa Barat, termasuk Ciamis. Harga batiknya pun relatif murah sehingga mampu dijangkau semua kalangan dan mengancam posisi batik lokal khususnya batik Ciamis. (yna)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 23, 2010 in KABAR CIAMIS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: