RSS

APBD Ciamis Tak Menanggung Seluruh Bantuan Korban Gempa

05 Des

CIAMIS, (PRLM).- Korban gempa yang rumahnya rusak ringan, besar kemungkinan tidak menerima bantuan sebesar Rp 1 juta. Hal tersebut disebabkan karena APBD Ciamis tidak mampu menanggung seluruh bantuan untuk korban yang rumahnya rusak ringan. Mereka mendapatkan bantuan yang besarnya masih diperhitungkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

”Untuk rusak ringan menjadi beban daerah. Persoalannya APBD tidak mungkin mampu menanggung seluruh bantuan untuk korban yang rumahnya rusak ringan tersebut. Berdasarkan perhitungan, kemungkinan bantuannya dalam kisaran Rp 250 ribu,’ tutur Bupati Ciamis Engkon Komara, Jumat (3/12).

Dia mengungkapkan jumlah korban yang rumahnya rusak ringan mencapai 36.000 rumah. Apabila bantuan sebesar Rp 1 juta dibebankan kepada daerah, maka Pemda Ciamis setidaknya harus menyediakan anggaran Rp 36 milyar.

”Terus terang kondisi keuangan APBD Ciamis juga sangat terbatas. Sehingga tidak mungkin mampu menanggung seluruhnya. Selain itu pertimbangannya juga Misalnya ada rumah yang rusak ringan karena beberapa gentingnya jatuh saat gempa lalu, apa iya dibantu sampai Rp 1 juta,” ujarnya.

Berkenaan dengan pencairan bantuan untuk tahap kedua, Engkon mengatakan sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) daftar korban penerima bantuan korban gempa dari 26 kecamatan. Berbeda dengan sebelumnya, pencairan tahap kedua tidak masuk ke kas daerah terlebih dahulu. Bantuan dari BNPB langsung ditransfer ke rekening kelompok masyarakat (pokmas). ”Kami sudah mengajukan permohonan pencairan bantuan ke BNPB Pusat, mudah-mudahan dapat segera cair,” katanya.

Dari sekitar Rp 110 miliar untuk bantuan tahap kedua, lanjut Bupati Ciamis, kemungkinan berlangsung dalam dua periode. Periode pertama untuk 26 kecamatan, sebesar Rp 70 milyar. Sedangkan sisanya untuk sepuluh kecamatan yang sampai saat ini masih dalam proses. ”Sama dengan yang sebelumnya, setelah seluruh persyaratan dan dokumen lengkap, selanjutnya dibuat SK Bupati yang kemudian diajukan ke BNPB,” jelas Engkon.

Dia juga berharap adanya sisa bantuan untuk pencairan tahap kedua. Dengan demikian, sisa dari bantuan tahap kedua tersebut dapat dipergunakan untuk membantu korban yang rumahnya rusak ringan. ”Harapan kami apabila masih ada sisa bantuan tahap kedua, juga diserahkan kepada daerah. Selanjutnya disalurkan untuk korban yang rumahnya rusak ringan,” tuturnya. (A-101/A-26).***

DARI:http://www.pikiran-rakyat.com/node/128856

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 5, 2010 in KABAR CIAMIS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: