RSS

“Warung Ucup” Coba Peruntungan di Asrama Galuh

03 Des

Wirausaha mungkin itu yang banyak mengilhami orang/mahasiswa yang lagi kuliah untuk mendapatkan penghasilan dan sebagai sarana cari pengalaman buat bekal nanti setelah lulus kuliah. Tidak jauh berbeda, di Asrama Galuh Rahayu pun sebagai tempatnya mahasiswa yang berasal dari ciamis tidak luput mencoba mencari peruntungan dan pengalaman di bidang wirausaha ini.

Warung asrama, warung kejujuran atau apalah namanya yang pasti kegiatan perekonomian ini di lakukan di lingkup asrama galuh saja, barang dagangannyapun hanya kebutuh sehari-hari di asrama seperti rokok, kopi, mi instan dan susu. tidak terlalu banyak macamnya namun barang-barang itulah yang banyak membantu dan dicari pabila malam-malam males keluar ataupun sudah terlalu kelaparan atau tidak menutup kemungkinan karena depisit anggaran sehingga terpaksa harus mengutang, kareana kalau ke warung luar malu akhirnya ngutang di warung asrama.

sudah beberapa generasi coba cari peruntungan di wilayah ini, namun tidak banyak yang berujung untung malah kebanyakan buntung yang ada, bangkrut karena banyak konsumen yang mengutang dan sampai takmampu membayarnya atau karena pembayaran utang yang lambat sedangkan modal terus terkuras, sehingga banyak nominasi yang gugur dan takmampu melanjutkan lagi.

fermana (ketua asrama periode 2010-2011) juga ikut mencoba peruntungannya di didunia wirausaha ini, sudah sekitar setengan tahun kebelakang dan sampai sekarang masih tetap eksis menjajakan dagangannya. dengan sistem saling kepercayaan warung yang diberinama “warung ucup” ini terus mencoba mendobrak mitos yang ada dimana semua warung asrama akan berakhir di kebangkrutan. proses jual beli yang kadang tidak mempertemukan atara pihak penjual dan pembeli secara otomatis menempatkan kejujuran sebagai pelayannya, dimana setiap orang yang mau membeli kalau membayar langsung tunai uangnya tinggal langsung di simpan di tempat kardus yang sudah di siapkan, dan ketika mau ngutang tinggal menuliskan nama diri dan apa saja yang di ambil. penagihan piutang akan dilakukan fermana setiap satubulan sekali sembari menginformasikan penagihan iuran bulanan listrik yang biasa dilakukan di malam jumat minggu pertama.

Sosok yang humoris dan senag bercanda ini mengungkapkan ia tak berharap banyak dari warungnya itu yang terpenting bisa jadi pengalaman serta semoga yang ngutang cepat melunasi utangnya agar saya bisa belanja lagi. (am***)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 3, 2010 in DEP USAHA DANA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: