RSS

Jalur Lingkar Selatan Ciamis Mirip Kubangan

26 Nov

CIAMIS, (PRLM).- Jalur lingkar selatan Kabupaten Ciamis sepanjang 18 kilometer antara Imbanagara, Kecamatan Ciamis sampai dengan Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, saat ini keadannya semakin hancur. Mengantisipasi kendaraan tidak sampai terperosok, warga di sekitar ruas jalan juga sudah berulang kali menanam pohon pisang di jalan yang sudah berubah menjadi kubangan.

Akibat banyak bagian badan jalan yang hancur, menjadikan tidak sedikit terjadi kecelakaan. Pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis sendiri tampaknya juga mulai tidak peduli dengan kondisi itu, sebab ruas jalan yang dijadikan sebagai jalur alternatif tersebut adalah jalan provinsi.

Di lain pihak warga yang tinggal di sepanjang jalan mengeluh dengan kondisi jalan yang semakin hari kondisinya bertambah rusak parah. Sejumlah warga mencoba mengurangi kerusakan dengan menimbun lubang dengan kerikil, akan tetapi tidak mampu bertahan lama karena kembali hancur saat dilindas kendaraan.

”Warga di sini sudah sering gotong royong menimbun lubang dengan kerikil atau anah, tetapi dalam sekejap hancur lagi. Tidak hanya itu, kami juga membersihkan semak semak yang ada di kanan kiri jalan yang hancur, sehingga lokasinya menjadi semakin terlihat,” ungkap Karyo (67) warga Rungki Kelurahan Cigembor Kec. Ciamis, Kamis (25/11).

Dia mengungkapkan tidak terhitung mobil yang terperosok dalam kubangan air yang cukup dalam. Selain itu juga banyak sepedamotor yang kecelakaan akibat terpeleset saat melintas ruas jalan yang hancur. ”Pada jam pulang sekolah, jalur sini ramai dilalui sepedamotor. Namanya juga remaja, banyak yang kemudian justru kebut-kebutan,” tuturnya.

Hancurnya ruas jalan lingkar selatan, disebabkan karena banyak truk dengan tonase melebihi batas yang melintas di jalar tersebut. Akibat kelebihan tonase, badan jalan cepat rusak.

Ketua Komisi IV DPRD Ciamis Hnedra Marcusi juga mengaku prihatin dengan hancurnya jalur lingkar selatan Ciamis. Bahkan dia juga mengungkapkan Kamis (25/11) sekitar pukul 13.30 WIB mobil Nissan Terranonya juga sempat masuk ke dalam kubangan jalan yang cukup dalam. ”Mobil saya kan cukup tinggi, tetap saja kandas saat lewat kubangn jalan di Rungki. Jika tidak segera diperbaiki, akan semakin hancur,” tuturnya.

Dia mengatakan ruas lingkar selatan merupakan jalur perekonomian, karena sering dijadikan sebagai lintasan untuk pengiriman hasil pertanian maupun peternakan. Selain itu juga banyak dilewati oleh anak sekolah. ”Keberadaan jalur tersebut sangat penting. Apalagi juga tidak hanya menjadi nadi perekonomian, tetapi juga jalur pendidikan karena banyak anak sekolah yang melintas jalan tersebut,” tuturnya.

Agar kondisinya tidak semakin hancur, dia mengatakan perbaikkan jalur lingkar selatan masuk dalam APBD Provinsi Jabar tahun 2011. ”Kalau gubernurnya tidak bisa memperjuangkan, wakilnya tentu bisa. Dengan adanya penelantaran tersebut yang dirugikan adalah pemerintah dan rakyat Ciamis,” kata Hendra. (A-101/das)***

dari :http://www.radartasikmalaya.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7778:kasus-perceraian-meningkat&catid=3:newsflash

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada November 26, 2010 in KABAR CIAMIS

 

One response to “Jalur Lingkar Selatan Ciamis Mirip Kubangan

  1. padu

    November 28, 2010 at 3:00 pm

    sekarang tidak hanya jalur selatan yang rusak, tapi jalur utara pun rusak, yaitu dari Cipaku sampai Rancah. Masih banyak jalan yang berlubang. Tolong diperhatikan….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: