RSS

Bunga Bangkai Terbesar Tumbuh di Cagar Alam

24 Nov

PANGANDARAN – Bungai bangkai jenis amarphophalus variabilis ditemukan anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Pangandaran di Blok Bukit Nanggorak Cagar Alam kemarin. Bunga bangkai tersebut merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan di kawasan konservasi itu.
Ketua Bidang Organisasi HPI Pangandaran Ochid Sutan Abdul Rashid mengatakan kali pertama bunga bangkai itu ditemukan Masrudin, salah seorang anggota HPI saat mengantarkan wisatawan asing ke kawasan air terjun. “Kebetulan rekan saya yang pertama kali melihat tadi pagi (kemarin). Kami penasaran, makanya langsung datang ke sana,” tuturnya.
Ochid mengatakan bunga bangkai jenis amarphophalus variabilis sangat langka. Karena itu ia bermaksud menginformasikan penemuan tersebut kepada anggotanya agar dijadikan salah satu obyek kunjungan menarik saat memandu wisatawan asing. “Ini sangat bagus untuk daya tarik wisata,” terang dia.
Setelah diukur oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran, bunga bangkai tersebut memiliki tinggi 116 cm dengan panjang bunga 40 cm dan diameter 11 cm. Menurut Encek Radiat, salah seorang petugas BKSDA, bungai bangkai itu merupakan yang terbesar. “Biasanya yang ditemukan di sini (Cagar Alam, red) ukurannya kecil, paling tingginya hanya 50 cm,” kata dia.
Encek menambahkan bunga bangkai tersebut kemungkinan masih bisa tumbuh membesar karena belum kelopak bunga tersebut mekar sepenuhnya.
Kepala BKSDA Pangandaran Yana Hendrayana menjelaskan bungai bangkai amarphophalus variabilis termasuk kelompok talas-talasan (araceae) yang tumbuh sendiri dari umbinya. “Tumbuhan ini beda dengan raflesia, karena bukan tumbuhan farasit. Kalau raflesia tumbuh di akar merambat tetrasigma,” tuturnya.
Selain bungai bangkai jenis amarphophalus variabilis, tambah dia, di Cagar Alam sering ditemui raflesia yang tumbuh liar.
Andis Sose, sekjen Presidium Pemekaran Pangandaran yang juga anggota HPI Pangandaran mengharapkan semua pihak bisa menjaga keberadaan tanaman langka tersebut agar tetap tumbuh menjadi daya tarik di kawasan Cagar Alam.
“Cagar alam ini merupakan aset Pangandaran yang berharga. Banyak flora dan fauna yang hidup di sini. Karena itu kita semua harus menjaganya tetap lestari,” tandasnya. (nay)

http://www.radartasikmalaya.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7625:bunga-bangkai-terbesar-tumbuh-di-cagar-alam&catid=85:pangandaran&Itemid=265

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada November 24, 2010 in KABAR CIAMIS

 

One response to “Bunga Bangkai Terbesar Tumbuh di Cagar Alam

  1. ardiansaputra126

    November 25, 2010 at 8:40 am

    di abdi oge aya…….acung di abdimah sami baunamah da………….komo pami usum hujanmah……..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: